Kamis, 20 Desember 2012

Festival Kota Lama Semarang 2012

Festival Kota Lama Semarang 2012

KotaLamaFest


Festival Kota Lama Semarang Tahun 2012 ini diselenggarakan pada tanggal 5-7 Oktober 2012. Dibuka pada tanggal 5 Oktober 2012 di sore harinya. Tempat penyelenggaraannya di gereja blenduk dan taman srigunting dan sekitarnya. Namun eventnya berpusat di gereja Blenduk itu sendiri dan taman srigunting. Acara ini diselenggarakan oleh pemerintah kota Semarang yang bekerja sama dengan Oens Semarang Fondation. Dengan adanya acara ini, masyarakat diajak untuk kembali melihat peninggalan sejarah yang ada di kota Semarang khususnya di daerah kota lama sekaligus mengajak masyarakat untuk mengenali heritage yang ada di kota lama.

Seperti yang tertera pada pamflet di atas, acara terdiri dari 2 bagian yaitu international conference bertempat di dalam gedung gereja Blenduk dan Old Time Food Festival bertempat di sekitar taman Srigunting. Jadwal acara sama seperti yang tertera pada pamflet. Namun saya hanya bisa datang pada hari pertama dan hari ke tiga yakni tanggal 5 dan 7 Oktober saja. Pada hari pertama acara dimulai sore hari, namun saya bisa datang malam harinya. Pada hari pertama ada "old time food festival" berupa bazar makanan khas tempo doeloe, barang-barang kuno, lukisan kuno, musik, dan tari, selain itu juga ada pameran mobil RI Bung Karno, vespa, sepeda tua, dan mobil kuno lainnya.

Mobil RI Bung Karno


Mobil kuno "Karmann"

suasana malam di hari pertama kotalamafest


lampu di taman srigunting penuh makna

Pada hari ke 3, yakni pada tanggal 7 Oktober 2012, saya datang lagi ke event kota lama festival ini. Saya sampai di acara ini di siang hari. Masih sama seperti hari-hari sebelumnya, ada "old time food festival", musik dan tari, pelukis, barang-barang antik kuno, dll. Pada hari terakhir ini juga ada rally foto dan lomba gambar. Saya juga melihat beberapa fotografer yang mengikuti rally foto dalam acara ini sedang hunting foto selama acara berlangsung. Saya pun tidak ingin kalah dengan mereka, saya juga melakukan hunting foto, namun saya hunting foto secara pribadi, saya tidak mengikuti rally foto dalam acara, hehe.. karena saya memang masih pemula. Saya pun menemukan barang-barang unik yang kemudian menjadi objek foto saya.





barang-barang antik yang menjadi objek foto saya

Selain hunting foto di sekitar acara bazar, saya dan teman saya juga mencoba mengikuti "old car tour". Old car tour ini menggunakan mobil kuno, yang konon saya tanya kepada pemilik mobilnya yang juga menyupiri mobil tersebut, mobil tersebut sudah sejak tahun 1952. Ada beberapa mobil yang digunakan dalam old car tour ini, salah satunya mobil yang saya tumpangi. Yang saya kagumkan, mobil-mobil tersebut masih bisa berfungsi dengan baik hingga sekarang ini. Namun memang perawatannya cukup sulit. Dalam Old car tour ini kami (saya dan teman saya) diajak bersinggah ke 4 bangunan di kota lama : Benteng Roode Driehoek, PT Praoe Lajar, Hotel Pelangi, dan gedung Marabunta. Selain diajak menyinggahi sejenak bangunan-bangunan tersebut, kami juga dijelaskan sedikit tentang bangunan tersebut. Tour ini kurang lebih 45 menit lamanya.



benteng Roode Driehoek


PT. Praoe Lajar (Pabrik Rokok)


Lantai 3 balkon aula hotel pelangi


Polder tawang


Gedung Marabunta


Mas Edo, adhi teman saya, saya, dan bapak yang punya mobil

Saya sebagai warga kota Semarang sangat mengapresiasi event ini. Karena dengan adanya event ini saya juga mengharapkan heritage ini dapat tetap terjaga dan tetap dikenal oleh masyarakatnya terutama untuk generasi penerus bangsa, selain itu dengan adanya acara ini saya harapkan antusiasme dari pemerintah maupun masyarakat tentang pelestarian heritage di kota lama ini semakin meningkat. Sehingga ke depannya kota lama bukan hanya menjadi sejarah tetapi juga bisa menjadi aset kota Semarang itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates