Rabu, 19 Desember 2012

Pantai Tirta Samudera atau biasa disebut "Pantai Bandengan" ini berada di desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai bandengan ini tidak terlalu jauh dari Semarang, letaknya di timur kota Semarang, dari kota Semarang sendiri perjalanannya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Pantai bandengan ini berada di pesisir pantai Laut Jawa. Pantai ini adalah salah satu wisata pantai yg populer di Jawa Tengah. Maka dari itu, saya dan kawan-kawan saya (shiratsuki cosplay team) memilih Pantai Bandengan ini sebagai objek wisata untuk perayaan HUT Shiratsuki ke 5. Kami berangkat dari Semarang dengan perjalanan kurang lebih 2-3 jam, karena sebelum sampai pantai kami singgah dulu untuk makan. Kami sampai di Pantai Bandengan kira-kira pukul 12.00 siang.


Kami sampai di Pantai Bandengan

Untuk tiket masuknya kalau tidak salah 5000 per orang. Sesampainya di pantai bandengan saya takjub dan kagum dengan keindahannya, pasir putihnya, birunya laut, dan birunya langit berpadu menjadi sebuah lanscape yang sungguh indah.

Pemandangan setiba pantai

Suasana di sekitar pantai Bandengan

Kami sesampainya di pantai Bandengan (tanpa saya,karena saya tukang fotonya,hehe)

Setiba pantai kami bergegas untuk mencoba pergi ke pulau panjang. Kami menyewa perahu dari pantai Bandengan untuk menyeberang ke pulau panjang, kira-kira 10.000/orang. Dan kami pun memulai perjalanan menyeberangi lautan menuju ke pulau panjang. Saya pun sudah tidak sabar lagi melihat bagaimana pemandangan yang akan didapat di pulau panjang, yang dari ceritanya begitu indah.

Kami berangkat dari Bandengan ke Pulau Panjang

Pulau Panjang sudah nampak dekat!!

Perjalanan kami lalui dengan penuh kegembiraan. Ombaknya tidak terlalu besar, namun cukup untuk menggoyangkan perahu dan membuat seluruh penumpangnya berteriak.. hoho.. *lebay dikit* Sampailah kami di pulau panjang. Dan seperti yang saya dengar, memang pemandangan yang didapat sungguh menakjubkan "Subhanallah" terucap dari mulut saya. Betapa indahnya pasir putih, birunya laut dan langit begitu berpadu dengan eloknya. Saya cukup terkagum dengan keindahannya. Dan kami pun mulai befoto di pulau panjang sebagai dokumentasi.
Foto bersama, kali ini ada saya hehe..

Setelah kami puas berfoto di tepian pantai, kami pun melanjutkan perjalanan mengelilingi pulau panjang. Perjalanan mengelilingi/memutari pulau panjang ini jika berjalan santai kurang lebih 1 jam lamanya. Jalanan memutari pulau panjang ini sudah ada "path"nya dengan lebar kira kira 120cm (menurut perkiraan saya yg lulusan arsitek ini,hehe). Jadi jalanannya sudah bagus.
"Lestarikan lingkungan demi anak cucu kita" This is The best quote from Panjang Island

 Di tengah perjalanan kami sempat istirahat

Kami pun sempat singgah untuk berfoto lagi (ada saya juga hehe)

Perjalanan pun berlanjut

Setelah kami sampai pada titik awal lagi, kami pun beristirahat sejenak sambil berfoto dan bersantai. Kami pun sempat bertemu orang asing "bule" saat perjalanan memutari pulau panjang. Ternyata pengunjung pun tak hanya domestik saja tetapi "bule" dari luar negeri pun juga menikmati wisata di pulau panjang ini. Pulau panjang bisa dicapai melalui pantai bandengan namun juga bisa dicapai dari pantai kartini. Setelah itu kami bergegas pulang karena hari sudah sore sekitar pukul 15.00. Kami pun berangkat dari pulau panjang menuju pantai bandengan menggunakan perahu dengan "merk" yang sama pada saat berangkat dari pantai bandengan (ini diharuskan, karena kalau tidak akan salah jurusan,hehe). 

Perjalanan pulang ke pantai bandengan ini sungguh menegangkan, karena hari sudah sore jadi ombak pun sudah semakin tinggi dan besar. Sehingga perahu pun bergoyang-goyang cukup kencang hingga semua penumpang pun ikut kebasahan terkena air laut yang dibawa oleh ombak. Sampai-sampai tidak ada satu pun dokumentasi foto di dalam perahu pada saat pulang, karena air laut selalu datang untuk menerjang, haha.. Jadi memang sebaiknya kalau pulang dari pulau panjang jangan terlalu sore karena ombak sudah makin tinggi. 

Sesampainya di pantai bandengan kami pun melakukan ritual dadakan untuk calon ketua baru, yaitu menceburkannya. Well padahal sebenarnya semua sudah ikut basah saat perjalanan pulang dari pulau panjang karena ombak yang besar, tapi ritual tetap harus dijalankan. Setelah itu kami makan selayaknya piknik menggunakan tikar. Kemudian acara bebas, masing-masing anak bermain sesukanya, ada yang menyewa ban, ada yang menikmati pantai saja, ada yang main banana boat (termasuk saya). Tarif banana boat 30.000/orang, untuk yang kecil hanya muat 5 orang, yang besar bisa sampai 10 orang. Dan tiba lah sunset pada saat kami bermain banana boat. Tapi sayang sunset tiba saat saya di tengah laut bermain banana boat jadi kurang menikmati indahnya. Tapi for all saya puas.. :)
Ritual menceburkan calon ketua pun tetap dilakukan hehe

bermain ban di tepian pantai pun banyak peminatnya termasuk teman-teman saya

saya dan teman-teman akan mencoba banana boat, GREAT! Dahsyat!

sunset di pantai bandengan

Karena kami sudah basah-basahan, jadi kami harus mandi sebelum kami pulang. Di pinggir pantai banyak tersedia tempat mandi, jadi jangan khawatir bila telah berbasah-basahan di pantai. Karena menurut saya basah-basahan di pantai itu "its a must!" :D apalagi di pantai bandengan yang memang TOP pantainya... Bagi yang ingin liburan di wisata pantai, Pantai Tirta Samudera alias Pantai Bandengan ini bisa jadi salah satu best list dan recomended buat dikunjungi...


0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates